Rabu, 08 Juli 2015

Pengalaman naik motor dari Surabaya ke kawah Ijen sendirian

Saya mau menceritakan pengalaman seru saat saya ke kawah Ijen berbekal tekat dan nekat.
dimulai saat di kantor kerjaku libur selama 2 hari mulai dari tanggal 15 mei 2015. waktu itu saya pingin banget menghilangkan penat saya dari rutinitas kerja, lalu saya search di mbah google tempat wisata di jawa Timur yang bagus, saya liat kawah Ijen ini kok bagus, ada blue fire nya dan hanya dua katanya didunia yang ada blue firenya, apalagi dah terkenal di seluruh dunia. Saya langsung tertarik dan pikir saya mumpung liburan

Sorenya saya menyiapkan smua keperluan perjalanan nantinya dan langsung berangkat skitar pukul 8 malam dari Kenjeran,Surabaya dengan berbekal GPS . Sesampainya di Pasuruan saya beristirahat sejenak di depan Indomaret yang sudah tersedia kursi , di sana saya dilema berat soalnya pas liat peta jauh bangettttt...tapi kepingin juga. stelah setengah jam berpikir akhirnya saya "tutup mata"nekat melanjutkan perjalanan. selama perjalanan saya sempat melewati hutan hutan,sangatt gelap dan sepi. setelah itu melewati rumah penduduk yang disitu juga ada arena buat ajang balapan, truk dan saya di blakangnya disuruh berhenti sejenak sama pembalap liarnya. jujur saya sempat ragu ragu dan mau  balik saja soalnya takutnya nanti di begal atau dikompas. cuma wis terlanjur setengah perjalanan, akhirnya saya nekat buat melanjutkan perjalanan.

Jam satu pagi aku melewati Paiton dan kembali beristirahat duduk di salah satu cafe skaligus pom bensin. saya merasa capek banget dan telapak tangan seperti kaku, sendi sendi ngilu terutama di bagian pundak.
disana sempat berbincang bincang dengan salah satu karyawan cafe tsbt. "mas kawah Ijen dekat ga ya dari sini".jawabnya" oh dekat mas..cuma 3 jam kok kayak sini ke malang","Aman ga ya mas, kok sepi banget ya malam malam gini ?"kataq. "oh aman mas, tenang aja..ga ada kok kejadian kayak di begal ta apa gitu".

ok saya memutuskan untuk menunggu sampai pagi karena saya nggak mau ambil resiko melanjutkan perjalanan yang dimana itu sepi dan gelap. juga truk truk yang melaju sangat cepat. saya makan roti dan tidur sejenak sampai jam 5 pagi. sebelum berangkat lagi, saya mandi dulu di WC umum, biar seger gitu hhehe..

waktu menunjukkan jam 7 pagi tgl 16 mei 2015 dan saya sudah di Bondowoso, selama perjalanan saya melewati jalan berliku liku serta menanjak, kanan jalan itu jurang dan jalannya hampir sama kayak naik ke Bromo.
slama di perjalanan saya sering mengeluh dalam hati"gile jauh amat, kok ga sampai2 ya"dan juga berandai andai seandainya ada pintu ajaib hehehe.(maklum sindrom akut, udah hoppless sangking jauhnya). kaki tangan seluruh badan kayak digebuki orang. jari jari ini terasa seperti bengkak.

saya tanya sama orang sana takutnya tersesat nantinya, jaga jaga jika gps menyesatkan hehehe(trauma). ternyata masih jauh...dua jam lagi. padahal bensin saya tinggal dua bar(pake supra x 125r) . wah ga ada pom bensin nieh pikirku. saya melanjutkan perjalanan dengan rada was was, khawatir jika bensin di tengah perjalanan habis, apalagi jalannya smakin menanjak,( tambah cepat menguras isi bensin).

saya melihat kiri kanan jalan ada hamparan bunga bunga liar dan rerumputan yang indah, bagus banget deh di banding foto yang saya ambil. disitu saya juga melihat gunung mirip rumah teletubies.bentuknya unik banget..
di GPS menjukkan tinggal lurusss aja. kliatannya di GPS udah dekat ya, cm tnyt masih jauh.

disana ada pos mengisi buku tamu dan stiap orang wajib mengisi buku tamu. pas saya liat isi buku tamunya. gileee banyak baanget ya yang datang, padahal lho pas perjalanan kok sepi bangettt.
kukira udah mau sampai tuh...eh tnyt masih panjaaang perjalanananya.harus melewati jalanan sempit menanjak juga, jalannya selebar gang kali ya dengan sebagian area yang rusak parah. rusaknya parah banget jalanannya dan saya agak susah melewatinya. saya kembali melewati hutan hutan dan saya sempat mengeluh lagi soalnya dari tadi kok ga sampai2 ,seolah olah seperti perjalanan ke planet pluto gt hahhaha lebay...

sangking pasrahnya akhirnya ya cuma melaju kendaraan saja dan ga mikir sampai nggaknya. jalannya kali ini belok belok tetapi ada papan petunjuknya yang kekawah ijen, GPS sudah ga berfungsi lagi karena dah ga ada jangkauan sinyalnya. jadinya cm mengandalkan petunjuk jalan ama orang orang yang bawa tas melintas.

stelah berjam jam lelah fisik dan mental..akhirnyaaaaaa sampai juga.saya tiba pukul 8.42 pagi dan segera memakir motor lalu makan di kedai kecil di sekitar sana. saya memesan nasi goreng seharga 10 ribu, nasi goreng dengan bumbu dari mie goreng dan agak seperti setengah bubur. sangking laparnya saya ga beripikir ini enak atau ga hahaha.

stelah itu saya ngobrol ngobrol sama salah satu pemilik kedai disana, dya bercerita katanya kalau pagi biasanya ramai banget,banyak turis dari mancanegara juga, sampai 3000 orang tuh. lapangan disana (sambil tunjuk) juga penuh tenda tenda.
nyewa tenda seharga 100 ribu isi dua orang. nyewa kamar 150 ribu. Pemilik kedai itu menawarkan diri supaya saya tidur di kedainya saja (ada kayak tempat tidur tp juga seperti meja ). lalu juga dya bilang kalau berangkat malam enak..kawah ijen bukanya jam 2 pagi, bisa liat blue fire, sunset ama kawah ijennya.
tapi perjalannya gelap, jadi diharapkan nyewa pemandu dengan harga 100 ribu per rombongan. saya rencananya mau di bantu supaya ikot rombongan lain tanpa perlu membayar. wahh enak kannn...nieh orang baik benar yaa..jadinya saya ga perlu merogoh koceek dalam2 si buat nyewa tenda plus pemandunya. dan ternyaata juga, yang pemilik kedai ini juga seorang pemandu .

stelah ngobrol panjang saya istirhat sejanak di kedai itu selama sejam dan berpikir kalau saya ingin menginap semalaman dan berangkat subuh jam 2 pagi supaya bisa melihat blue fire, sunset dan kawah ijennya.
slama menunggu itu kok terasa membosankan ya...
akhirnya saya pamitan dengan pemilik kedai sementara ,saya menitipkan tas saya di sana. saya membayar tiket masuk cuma 7500. gile murah amat ya...ga kayak ke pacet, apa apa mbayar.

saya naik ke kawah ijen sendiri..disitu saya bertemu dengan segerobolan mbhak mbak. lalu saya ajak bicara.
dan istilahnya ada yang mau menemani naik gt hahaha( melas banget ya), mbhak bhak ini terkejut saat saya memberi tau dari surabaya ke kawah ijen sendirian. slama di perjalanan kami gantian foto foto(narsis yee).
slama perjalanan, kami bertemu dengan seorang terkapar di batang pohon, expresinya lucu sampai2 saya ketawa sendiri.

saya :"dari mana mas..".
mas :"oh dari Surabaya, masnya sendiri? ".....
saya:"saya juga,ama sapa masnya kesini"
mas2:"sama temen2 mas,rame same..sampean sama siapa kesini?ama mbhak2 disana ya?"
saya :"oh ga kok...saya sendirian mas..kebetulan aja pas lewat ketemu mbhak2 ini jadi bareng2 deh hehehe"
mas:"wah kok hebat gt, ga kesasar gt ta mas"
saya:"nggak..kan ada GPS"
mas :"wuih2 (geleng2), gila hebat mas eh.nekat.sendirian dan cm makai GPS saja"
saya"ah ga kok mas..biasa aja"
mas2 :"ni tak kenalno konco2ku (teman2ku)"
lalu saya dipromosiin deh keteman temannya lalu saya ajak ngobrol satu persatu.selidik punya selidik tnyt mereka adalah komunitas motor satria FU.saya juga pengen tuh membaurkan grombolannya si mbhak2 dan mas2 tadi. eh ternyata berhasil hehehe..mereka minta foto bareng rame rame deh.

setengah perjalanan saya merasa lelah, dan berhenti sejenak stiap beberapa meter, katanya si cuma satu jam untuk bisa berada di kawahnya. nyatanya untuk nyampe dibutuhkan 2,5 jam. ya si ,se istirahatnya juga beberapa menit hehehe.
dijalan saya melihat bule lalu lalang dan beberapa tukang yang membawa dua keranjang penuh batu belerang besar besar. staminanya kuat banget,apalagi tanjakan dan turunan gt.. medannya pasti berat kalo disambi membawa batu belerang. aku aja bawa satu batu beelerang seberat 5 kg aja langsung ngos2 an kali ya hehehe.

wahh...akhirnyaaaaaa sampeeeeeee............saya merasa lega banget.stelah lamaa perjuangan nyetir sendiri, naik gunung ga ada yang gendongin. terbayar sudah...melihat asap kabut disana sini. membayangkan seperti di ruangan tertutup dan beribu2 orang mengebul asap rokok. apa an ni saya liat..cuma bebatuan doank ya...saya sempat tanya kepada teman baru saya  dimana kawahnya,dan apa sudah sampai. kata teman saya ini sudah di bibir kawah.

kenyataannya yang saya liat cuma kabut cinta doank ,lalu gerobolan mbhak2 mengajak saya untuk turun lebih dasar lagi bersama mereka. tapi gerombolan mas2 ini bilang percuma, ga bakal kelihatan krn kabut yg cukup tebal. saya akhirnya ikut gerobolan mas mas ini turun kawah ijen. supaya ada barengannya pulang juga.
di dekat kawah ada satu  warung kecil ,juga ada jualan batu belerang yang sudah dibentuk. untuk membelinya cukup murah..dikisaran 5ribu sampai 25 ribu aja. buat oleh oleh gt. saya membeli satu seharga 10ribu. yang mau ke toilet, di dekat warung ada cuma ga kliatan. toiletnya stelah saya lihat cuma ada lubang sebesar bola boling juga pintu saja. ya seperti pintu ajaibnya doraemon tanpa dinding gt hahaha..jadi perlu dijaga juga saat hendak buang air karena mgkn ada mata mata jail atau penunggu disana..just kidding hehehe.

perjalanan memakan waktu skitar 2 jam dan tiba di kaki bukit pukul 4.15..kabut mulai turun disana.dan saya bersama rombongan baru bergegas untuk pulang agar tidak kemalaman. soalnya ga ada lampu penerangan (gelap gulita) .

skian dulu dan saya akan menceritakan pulangnya dari kawah ijen beserta rombongan yang ga kalah serunya. gimana saya berpacu dalam high speed 100km/jam menyeimbangi rombongan satria Fu 160cc agar tidak ketinggalan dan juga menyalip truk2 dan bis sampai sport jantung.