Selasa, 29 September 2015

Orang lain Hanyalah cermin dari Diri Kita


Kenapa saya menulis judul diatas..? ya.. ini bermula saat saya bekerja sambil mendengarkan audio pengembangan diri. . saya coba men download audio tentang relationship, temanya bukan cara mendapatkan pasangan tapi mindset yang harus dirubah. dijelaskan bahwa kalau perempuan hanyalah cermin untuk memunculkan apa yang dari kita sebenarnya, contohnya saat kita minder, saat kita marah atau benci. perempuan itu hanyalah cerminan untuk melihat siapa diri kita sebenarnya kalau kita ini ternyata minder, marah ataupun benci. dikatakan kalau bukan orang lain yang harus berubah tapi pola pikir kita. contoh lain saat mengatakan semua wanita itu matre, atau kenapa kok bernasib sial terus, smuanya hanyalah cerminan untuk merefleksikan "oh ternyata ada andil sikapku yang membuat seperti ini,oh ternyata diriku pemarah saat bertemu dengan dia".

Saya juga menonton tv kabel the Dog Whisperer tentang anjing yang bermasalah dan majikannya, di situ host nya adalah seorang psikolog anjing yang terkenal yang bernama Cesar Milan, yah saya sempat berpikir kalau anjing sudah begitu susah banget di jinakkan dalam waktu singkat. nyatanya seperti sulap, dalam beberapa hari si Cesar dapat menjinakkan anjing yang galak banget. ternyata intinya bukan anjingnya yang salah tetapi cara memberlakukannya dari tuannya yang salah. 

lalu ada audio tentang pola asu anak yang benar. disana psikolog terkenal mengajukan pertanyaan. yang benar yang mana"saya sangat sulit mengasuh anak ini atau anak ini sulit di  asuh?"

yah jawabannya terletak pada diri kita sendiri, nggak ada anak yang sulit diasuh kalau kita mengerti teknik tekniknya..dalam segala hal juga, percintaan, sosial dll. sayangnya jarang ada sekolah yang mempelajari sampai dalam hal itu, dan kebanyakan kita mempelajari dari televisi , majalah majalah dan media lainnya. kurangnya informasi dan pengetahuan itu sangat mempengaruhi hubungan kita. kalaupun ada yang mengetahui banyak, nyatanya banyak yang dari kita bukanlah pelaku yang baik. sebagai salah satu contoh, 
seorang pendeta yang notaben nya sangat rohani dan mengetahui kebenaran kebenaran alkitab. tetapi kehidupan rumah tangganya hancur sehingga beliau memutuskan memperdalam psikolog dan mempelajarinya secara mendalam dan sekarang menjadi konselor , pembicara terkenal, rumah tangganya dipulihkan dan menjadi contoh berkat dimana mana.

semua bermula dari mindset kita. dan apa yang kita pikirkan mempengaruhi tindakan kita. jadi perbaharui mindset kita yang salah dan jangan karena ego ataupun tradisi lama kita mempertahankan mindset yang salah. dan salah satu bahan renungan hari ini adalah : ingat bahwa "semua yang ada di sekitar kita adalah  cermin untuk memunculkan, melihat diri siapa kita sebenarnya agar kita bisa memperbaiki diri" 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar